MEJENG NARSIS DI WEB BLOG

Kemajuan teknologi sekarang ini sangat sukar untuk dibendung, setiap hari mungkin puluhan bahkan ratusan produk baru yang menampilkan teknologi baru bermunculan. Kesemuanya itu bertujuan sama yaitu untuk memudahkan manusia dalam menjalani kehidupan pada masa sekarang yang semakin rumit dan komplek. Informasi dan teknologi sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat modern yang menumpukan segala aspek pada teknologi dan informasi.

Teknologi informasi sebagai salah satu media informasi guna menentukan sebuah keputusan sudah berkembang demikian dinamis. Ruang yang tidak lagi menjadi pembatas tentu sangat membutuhkan dukungan teknologi yang semakin cepat aksesnya dan tentunya beragam kontennya, ini dikarenakan setiap orang mempunyai ketertarikan yang berbeda.

Web blog sebagai sebuah bagian dari perkembangan teknologi informasi menyajikan kedinamisan informasi dibandingkan dengan web site yang cenderung statis. Baik dari sisi tampilan dan konten, web blog lebih dinamis. Informasi yang disajikanpun beragam dan sangat dinamis karena pengelola web blog dapat dilakukan oleh seorang individu. Ia sebagai pribadi, sehingga topik-topik yang ada didalamnya berbeda antara satu dengan yang lain.

Tujuan penciptaan web blog pun berbeda antara satu dengan yang lain, namun mempunyai sebuah benang merah yang sama diantara web blog yang ada yaitu aktualisasi. Apa yang akan diiaktualisasi itu yang sangat individual, yang jelas masing-masing menyajikan informasi. Apapun isi dan bagaimana bentuknya menjadi sebuah perwakilan apa yang berkembang di dalam sebuah komunitas masyarakat, yang kalau kita cermati menumbuhkan pemahaman kita bahwa kita tidak hidup sendiri dan tentu saja manusia lain juga punya hasrat yang berbeda.

Seperti layaknya kehidupan itu sendiri bahwa individu manusia ada yang baik dan tentu saja ada juga yang tidak baik. Rasanya kedua hal ini bagaikan sebuah keping mata uang koin dengan dua sisi yang berbeda yang tidak dapat dipisahkan selama kehidupan itu sendiri ada. Filter terhadap informasi yang ada terletak pada pribadi manusia itu sendiri dengan berbekal tata nilai yang dia pegang.

Bahkan sebuah control sosial dapat dilakukan menggunakan web blog guna menciptakan sebuah pemerintahan yang bersih. Informasi yang dapat diakses oleh masyarakat banyak merupakan sebuah media penyeimbang sekaligus pengawas bagi pemerintah disisi penjalan kebijakan yang mengatur kehidupan bernegara. Akuntabilitas tentu saja terjaga.

Ketika sebuah informasi diposting ke web blog, maka proses pengaktualisasian terjadi, yang lebih ekstrim dapat disebut sebagai proses mejeng, Mejeng didalam web blog mempunyai tujuan yang berbeda-beda ada yang hanya iseng, ada yang ingin mengungkapkan semua pemikirannya, ada yang ingin menjadi popular, ada yang tulus untuk berbagi, dan masih banyak lagi. Apakah pengaktualan diri dalam sebuah web blog ini narsis? Jawabannya adalah kita sendiri yang tahu.

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan komentar